5 Rahasia Branding yang Wajib Diketahui Para Pebisnis Startup

5 Rahasia Branding yang Wajib Diketahui Para Pebisnis Startup

25 Pebruari 2016,   By ,   0 Comments

Business-Startup-Steps
Branding adalah hal yang harus dilakukan dengan baik agar produk Anda bisa menang mengalahkan berbagai produk lainnya. Zaman sekarang ada begitu banyak produk yang ditawarkan baik oleh perusahaan besar maupun startup sehingga menjadi berbeda dan lebih dari yang lain merupakan poin yang sangat penting bila Anda ingin bertahan dalam industri terkait. Inilah lima rahasia branding yang wajib diketahui para pebisnis startup.

1. Pahami Konsumen
LatteArt
Banyak orang yang fokus pada bagaimana cara membuat produk mereka jadi sebaik mungkin, padahal mungkin bukan itu yang dicari oleh konsumen. Selalu jadi lebih baik dari pesaing dan dengarkan apa yang diinginkan oleh konsumen. Tak ada gunanya membuat sesuatu yang sempurna namun sebenarnya tidak tepat sasaran.

Sekarang orang-orang membuat cafe dengan berbagai macam menu kopi yang rasanya sangat enak dan dihias dengan latte art yang sangat menarik namun tetap tidak laku. Mengapa? Orang terkadang lupa orang pergi ke cafe tak selalu untuk membeli kopi. Jika ada cafe yang kopinya sangat enak namun interiornya buruk dan tidak ada fasilitas wi-fi, kemungkinan besar tak ada pengunjung yang datang.

2. Menjadi Berbeda
benerrr
Peluang Anda untuk dilirik oleh konsumen akan jadi lebih besar bila ada keunikan pada produk. Jangan meniru kompetitor dan berusaha menjual produk yang sama persis dengan kompetitor. Orang biasanya akan memilih produk pertama yang ada di pasaran. Jadi, lebih baik Anda menjadi berbeda dan membuat orang tertarik pada produk yang baru.

Campina adalah brand pertama di Indonesia yang mengeluarkan es krim vegan (es krim yang bahan dasarnya tidak memakai produk hewani). Mungkin tidak semua orang pernah mencoba es krim ini namun karena es krim ini berbeda dan memiliki target pasar yang jelas, LuVe Litee menjadi es krim satu-satunya untuk kaum vegan di Indonesia.

3. Strategi Promosi Menarik
maxresdefault
Salah satu cara membuat orang melirik produk baru adalah dengan membuat strategi promosi yang menarik. Jika strategi Anda unik dan menarik, pasti orang mau mencoba produk tersebut. Jangan takut untuk membuat kampanye, slogan, atau penggunaan nama-nama nyeleneh agar orang tertarik untuk mencoba produk Anda.

Contoh kampanye menarik yang sukses di Indonesia adalah slogan biskuit Oreo. Semua orang tahu tagline ‘Diputar, Dijilat, Dicelupin.’ padahal kalimat ini sudah ada sejak bertahun-tahun lalu. Kalimat ini sangat mudah diingat dan unik sehingga semua orang pasti ingat dengan Oreo.

4. Desain Bagus
aquaaa
Sudah bukan rahasia bahwa produk sekarang perlu dikemas dengan baik. Tak hanya logo, kemasan produk pun juga sangat penting karena bisa merepresentasikan brand Anda. Bila Anda ingin membangun citra brand tertentu, nilai-nilai tersebut harus terlihat dari desain yang dipilih.

Aqua selalu membuat inovasi atas botol minuman kemasan mereka. Ada botol Aqua versi premium yang terbuat dari kaca, botol dengan tema batik, dan sebagainya. Orang pun jadi senang pada brand Aqua karena kemasannya unik dan nasionalis.

5. Konsisten
bodyshopp
Brand yang baik harus konsisten. Bila Anda sudah memiliki visi dan misi, peganglah terus dua hal itu secara konsisten. Konsistensi ini harus bisa dilihat dari kampanye yang dilakukan, pemilihan warna, tipe desain, hingga gaya bahasa yang digunakan di sosial media Anda.

Body Shop selalu memiliki visi dan misi yang konsisten untuk mencintai bumi dan menggunakan produk-produk yang bahan dasarnya dibeli dari orang lokal, bukan industri besar. Berkat visi misi yang konsisten, konsumen Body Shop selalu setia pada brand ini.

Itulah lima rahasia branding yang wajib diketahui oleh para pebisnis startup. Sudahkah Anda menerapkannya?


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *