5 Tips Efektif Branding Menggunakan Media Sosial

5 Tips Efektif Branding Menggunakan Media Sosial

28 Oktober 2016,   By ,   0 Comments

                 1a

Di era globalisasi seperti sekarang ini, penggunaan media sosial menjadi sangat berdampak terhadap strategi branding dan sangat penting bagi perusahaan atau pemilik brand. Kemudahan teknologi yang ada seperti halnya penggunaan media sosial dalam menjalin komunikasi yang efektif dengan para konsumen dapat mempermudah perusahaan atau pemilik brand untuk mengenalkan brand mereka secara lebih luas.

Namun, ada beberapa kebiasaan kurang efektif yang sering dilakukan oleh para pemilik brand maupun perusahaan dalam media sosial mereka. Agar penggunaan media sosial menjadi sarana komunikasi yang efektif antara perusahaan maupun pemilik brand dengan para konsumen, berikut beberapa tips branding yang tepat untuk media sosial.

 

t1

  1. Mengintegrasi Semua Akun Menjadi Satu Nama

Perusahaan atau pemilik brand sebaiknya memberikan nama yang sama untuk berbagai akun media sosial, seperti: facebook, twitter, instagram, line, dan sebagainya. Karena dengan menggunakan nama yang sama untuk semua akun media sosial, konsumen pun akan mudah mengingat brand tersebut. Selain itu, tujuan dari cara ini adalah agar terhindar dari persepsi yang salah di mata konsumen.

  1. Isi Kontent Harus Informative dan Variative

Perusahaan atau pemilik brand sebaiknya mengisi akun-akun media sosial mereka dengan konten yang tak hanya menarik, tetapi juga informative dan variatif. Isi konten yang baik tidak harus monoton tentang produk-produk yang ada, melainkan bisa juga menyajikan tentang berita-berita terbaru yang informative. Agar bervariasi, sapa juga follower-follower yang ada di akun-akun media sosial dengan menjawab pertanyaan mereka mengenai produk.

  1. Membuat Tagar/Hashtag Yang Mudah Diingat

Selain isi konten yang harus informative dan variative, mencantumkan tagar / hashtag yang khusus juga menjadi salah satu tips yang penting. Fungsinya adalah agar konsumen dapat dengan mudah mencari keyword untuk mencari informasi tentang produk atau brand tersebut.

1e

       4. Jangan Terlalu Sering Posting

Memposting foto atau konten terlalu sering sebaiknya tidak dilakukan oleh para pemilik brand ataupun perusahaan. Karena apabila terus dilakukan, konsumen justru akan mencabut pertemanan Anda dari akun media sosialnya.

  1. Jangan Gunakan Follower Palsu

Selain memposting foto atau konten terlalu sering, menggunakan follower palsu juga sebaiknya tidak dilkakukan oleh para pemilik brand maupun perusahaan. Hal ini dikhawatirkan akan membuat komunikasi di media sosial menjadi tidak efektif untuk proses promosi karena para follower palsu tersebut tidak akan memberikan respon positif.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *