7 Strategi Membangun Brand Anda dengan Social Media

7 Strategi Membangun Brand Anda dengan Social Media

07 Mei 2018,   By ,   0 Comments
Social Media Branding

Saat ini di abad 21, social media menjadi media yang banyak dipakai dalam dunia pemasaran, sehingga penting bagi Anda untuk mempelajari strategi membangun brand dengan social media. Namun, bagi brand-brand baru tentunya membutuhkan strategi yang cocok untuk memasarkan produk atau jasa. Perlu disimak 7 strategi berikut ini untuk membangun brand bagi produk atau jasa Anda melalui Social Media:

1. Branding di Social Media dengan Visual Khas

Menurut sebuah studi, Konten dengan gambar yang relevan mendapat 94% lebih views dari konten tanpa gambar yang relevan. Grafis yang tepat dapat menjadi media komunikasi antara brand dengan konsumen Anda. Setiap perusahaan atau bisnis memiliki kesempatan unik ini. Anda bisa mulai dengan visual yang kuat dari logo, visi, misi, dan nilai-nilai yang brand anda miliki.

2.Tentukan tujuan social media engagement Anda

Apa fokus utama Anda menggunakan media sosial? Apakah Anda ingin mengumpulkan leads dan meningkatkan penjualan? Ataukah Anda ingin membangun dan memperkuat hubungan Anda dengan pelanggan? Setiap brand harus punya tujuan yang jelas agar dapat menentukan arah aktivitas media sosial yang dapat menunjang bisnis.

http://startfriday.co.id/hal-hal-yang-perlu-anda-ketahui-tentang-tips-dan-trik-untuk-rebranding-bisnis-anda/

3. Pilih platform yang mendukung brand image Anda

Ada banyak sekali platform media sosial yang tersedia di luar sana. Dan Anda sebenarnya tidak perlu menjajali semua media sosial tersebut. Cukup pilih platform yang mendukung tujuan Anda dan memberikan pengaruh yang berarti pada pelanggan Anda. Selain itu, Anda juga bisa memilih berdasarkan dimana biasanya pelanggan dan target pasar Anda paling banyak berkumpul.

4. Pertahankan konsistensi di setiap platform

Walaupun tone dapat berbeda untuk setiap platform, Anda perlu menjaga konsistensi tema dan konten yang Anda pakai pada keseluruhan media sosial yang Anda pilih. Konsistensi membuat brand Anda menjadi lebih memorable. Tentu Anda ingin brand Anda selalu diingat oleh pelanggan Anda, bukan?

5 Brand yang Melestarikan Budaya Khas Indonesia Ini Wajib Kamu Tahu: Bagian 2

5. Sajikan konten yang bermutu dan shareable

Apa artinya? Bagikan konten yang menghibur, mengedukasi, dan juga dapat membantu memecahkan masalah follower/pelanggan Anda. Yang terpenting, bagikan konten yang memang ingin di-share oleh mereka kepada keluarga dan kerabat mereka yang ada di media sosial. Dengan memberikan konten yang berguna bagi follower Anda, Anda dapat menciptakan reputasi yang lebih kuat.

6. Dengar dan respon

Manfaatkan media sosial Anda untuk memberikan customer service bagi pelanggan Anda yang ada di sana. Dengar semua yang disampaikan oleh pelanggan Anda dan respon sesegera mungkin dengan balasan yang helpful jika diperlukan. Tanggapi setiap feedback yang masuk, baik positif dan negatif. Tunjukkan bahwa Anda sangat menghargai setiap pelanggan Anda.

7. Bangun Hubungan dengan Influencer

Cara ini bisa Anda lakukan terutama jika Anda masih baru atau belum punya nama besar. Coba libatkan influencer yang berkaitan dengan bisnis Anda dalam aktivitas media sosial Anda, seperti mention mereka atau konten mereka dalam post Anda. Dengan begitu, mereka akan terdorong untuk menyebarkan brand atau konten Anda dengan follower mereka. Keuntungannya bagi Anda? Anda mendapatkan promosi gratis ke forum yang lebih luas dan kemungkinan memperoleh pelanggan baru.

Perkembangan media saat ini menuntut setiap orang meningkatkan cara-cara dan pendekatan guna membangun brand pada bisnis atau jasa. Kini penilaian orang terhadap Brand tertentu dapat dilihat dengan aktivitasnya di sosial media yang sangat mudah sekali untuk diakses bagi pengguna sosial media. Dengan strategi pemasaran yang benar maka Anda dapat memaksimalkan kinerja Brand anda untuk mendapatkan posisi di mata konsumen bahkan meningkatkan penjualan. Kami berharap tips-tips tadi dapat membantu Anda untuk masuk ke dalam pemasaran media sosial dengan lebih baik dan terarah. Menurut Anda, tips manakah yang paling sulit diterapkan untuk bisnis Anda?

 


Leave a Reply