Advertising Agency Terbaik di Indonesia

Advertising Agency Terbaik di Indonesia

28 Pebruari 2015,   By ,   0 Comments

Adakah advertising agency yang mendapat predikat advertising agency terbaik di indonesia? Bisa dikatakan hal tersebut masih belum terjadi, karena advertising agency di indonesia mempunyai kualitas yang hampir setara. Mungkin memang ada dua atau tiga agency yang bisa dikatakan demikian, namun konsistensinya masih harus ditanyakan. Sebenarnya Indonesia mempunyai potensi memunculkan yang terbaik jika advertising agency menerapkan strategi yang tepat ketika menciptakan produk advertising. Idealnya, urutan yang tepat dalam proses kreatif dalam rangka penciptaan produk advertising ialah :


STRATEGI – KONSEP/IDE – KAMPANYE IKLAN

Dengan kata lain, semua kampanye iklan pasti didahului oleh konsep/ide yang dihasilkan dari strategi. Di dalam dunia advertising, strategi didefinisikan sebagai keseluruhan pendekatan marketing dan penjualan, atau bisa dikatakan sebuah pemikiran dibalik konsep/ide. Strategi bisa diambil dari keuntungan produk, bagaimana penggunaannya, latar belakang pasar, pilihan target pasar ataupun kombinasi darei yang disebutkan di atas. Setiap strategi haruslah mempunyai perbedaan dengan strategi untuk persaingan dengan kompetitor, begitu pula dengan konsep dan kampanye iklannya. Keseluruhan strategi kemudian akan dirangkum dalam bentuk strategy statement atau juga biasa disebut creative brief. Secara sederhana, rangkuman ini akan menjelaskan bagaimana sebuah produk (atau diposisikan kembali/repositioned) dalam sebuah pasar (yang dikenal juga dengan istilah project positioning).

Dengan menerapkan hal yang dimaksud di atas, kemampuan akan menjabat sebagi predikat advertising agency terbaik di Indonesia akan dengan mudah didapatkan oleh advertising agency yang konsisten dalam proses kreatifnya. Jika tidak, sampai kapanpun juga Indonesia tidak akan pernah punya advertising agency terbaik.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *