Advertising Agency Terbesar di Indonesia

Advertising Agency Terbesar di Indonesia

18 Pebruari 2015,   By ,   0 Comments

Menjadi perusahaan advertising agency terbesar di Indonesia bukanlah tugan yang mudah. Banyak kita ketahui bahwa Indonesia mempunyai advertising agency yang sudah mampu bersaing di dunia internasional. Dan advertising di Indonesia pun saat ini mulai berkembang pesat. Maka dari itu, untuk Anda yang ingin terjun dan mengawali bisnis di bidang adverting, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai berikut :
Dalam pembuatan produk advertising, keseimbangan antara Logika dan Kreativitas, dipadukan dengan keseimbangan memadukan kemampuan verbal dan visual adalah faktor penting agar produk tersebut dapat sukses. Dualitas cara kerja otak manusialah yang menjadi acuan, karena setiap produk advertising akan kembali dinilai oleh manusia yang disebut konsumen
Konsumen mengambil peran sebagai pembaca dan pemirsa iklan, yang pada akhirnya akan merespon dengan baik terhadap iklan yang mempunyai keseimbangan logis dan emosional. Karena konsumen tidak hanya akan memutuskan untuk membeli sebuah produk berdasarkan pemikiran logis dan rasional saja, akan tetapi terkadang pertimbangan sosial yang menjadi alasan bagi konsumen untuk membeli sebuah produk

Dengan kata lain, akan muncul banyak pertimbangan logis yang menghasilkan sebuah iklan yang membosankan, factual, dan bersifat memaksa, sedangkan terlalu banyak ide kreatif dan emosional yang akan mengurangi subtansi dari produk iklan itu sendiri. Hal inilah yang menyebabkan banyaknya Brand Designer ataupun Creative Agency memiliki satu tujuan yang sama, yaitu memastikan bahwa suatu iklan bernilai menarik bagi kedua sisi otak/presepsi konsumen.

Langkah awal dalam proses pembuatan iklan adalah menentukan gagasan utama tentang apa yang ingin disampaikan tentang produk/layanan tersebut. Sebaiknya Klien Anda (produsen/jasa) tahu akan hal itu, jika tidak atau mungkin kita hadapkan pada produk/layanan baru, maka langkah awalnya ketika hal itu terjadi adalah melalui pendekatan tentang apa yang dijanjikan oleh produk/layanan, maksudnya memulainya dari keuntungan dan kelebihan yang dimiliki oleh Produk/layanan tersebut.

Langkah selanjutnya adalah menentukan target market, dengan kata lain kepada siapa produk atau jasa ditujukan. Hendaknya Anda mengkategorikan target pasar Anda berdasarkan usia, pendapatan, pendidikan, status pernikahan, pekerjaan, kebiasaan, atau hobi. Target pasar anda akan terlihat besar pada awalnya, namun lebih baik jika target pasar Anda tidak terlalu umum, karena nantinya akan lebih mudah untuk mengamati tren dan perubahannya. Jika dirasa mampu, seiring perjalanan waktu Anda dapat mengikutisertakan kategori pasar dengan jangkauan yang lebih besar.

Bagian tersulit dari langkah-langkah tadi adalah bagaimana cara menyampaikan iklan Anda. Disini tidak hanya terbatas dari bagian fisik iklan tersebut, akan tetapi harus mencangkup keseluruhan rencana dan strategi yang telah dituangkan ke dalam sebuah iklan. Pada bagian inilah seseorang selalu terjebak di dalam keadaan writer’s block, atau blank canvas. Karena yang terpenting adalah bagaimana kita menyampaikan iklan tersebut, bukan dari bagus tidaknya iklan tersebut.

Setelah iklan terbentuk, masih belum bisa dikatakan semuanya sudah selesai. Yang selanjutnya harus Anda lakukan adalah Evaluasi. Tentang efektifitas iklan Anda, apakah sudah sesuai. Kemudian juga dengan tren pasar, apakah ada perubahan atau tidak. Atau malah target pasarnya, perlu diperluas atau tidak dan juga berbagai hal teknis lainnya. Intinya jangan pernah malas ataupun ragu untuk membenahi langkah yang telah terlewati. Jika perlu dan baik, mengapa tidak?

Itulah beberapa materi yang mungkin bisa membantu Anda memulai bisnis advertising. Mulai bentuklah sebuiah agency yang berisi orang-orang yang kompeten dalam bidang advertising, lalu temukan pola yang tepat untuk konsumen di indonesia, dan pesan terakhir : Teruslah belajar, kreatif, dan konsisten, hanya itu kunci untuk menjadi advertising agency terbesar di Indonesia


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *