Berbekal Nama Popouler, Para Artis Merambah Bisnis Usaha Oleh-Oleh Khas Daerah

Berbekal Nama Popouler, Para Artis Merambah Bisnis Usaha Oleh-Oleh Khas Daerah

27 Pebruari 2017,   By ,   0 Comments

Saat ini usaha kuliner adalah bisnis yang menjanjikan. Serupa dengan kebanyakan orang, para artis pun memanfaatkan peluang ini untuk membuka usaha kuliner. Tidak dipungkuri lagi, ketika bepergian ke suatu daerah, kebanyakan teman ataupun keluarga seringkali menitipkan oleh-oleh dan hal inilah yang coba dimanfaatkan para artis tersebut. Trendnya adalah adalah dengan membuka usaha kue berupa oleh-oleh khas daerah.

olive-oil-968657_1920

Para artis ini mencoba merancang usaha oleh-oleh mereka secara kekinian serta dengan strategi marketing yang pastinya berbeda dengan makanan atau kue tradisional. Berbekal nama yang tenar dan dikenal banyak orang, artis tersebut berhasil membuat strategi usaha oleh-oleh dengan mencantumkan nama daerah sebelum nama produk brand mereka. Misalnya Surabaya Snow Cake,  Medan Napoleon. Makassar Baklave, Malang Strudel, dan Jogja Scrummy.

 

Strategi ini menjadi keunikan tersendiri dan terbilang sukses karena cara branding yang digunakan memanfaatkan kepopuleran dan nama baik artis tersebut. Namun, jika dilihat kue oleh-oleh yang mereka buat bukanlah oleh-oleh khas dari daerah tersebut. Bahkan mereka sendiri mengklaim mengadopsi pemilihan jenis kue tersebut dari berbagai negara di Eropa. Tetapi dengan sedikit sentuhan cita rasa khas Indonesia mereka berhasil memodifikasi kue Eropa tersebut menjadi satu suguhan kue dengan lidah khas Indonesia. Jika dilihat dari rasa dan bentuk yang dijual, semua usaha kue oleh-oleh yang digeluti artis tersebut terbilang hampir sama. Dengan berbahan dasar bolu dengan lapisan pastry. Yang membedakannya hanyalah tambahan nama daerah saja.

 

egg-943413_1920Uniknya lagi, para usaha artis tesebut tidak perlu mengeluarkan biaya marketing yang banyak. Dengan berbekal share foto di instagram mereka dengan followers yang berjuta-juta, semua orang jadi aware bahkan sampai ke tahap interest untuk melakukan pembelian. Dengan strategi marketing tersebut bahkan tidak cukup sebulan, brand usaha mereka sudah ramai dengan antrian pengunjung yang penasaran dengan kue yang dipromosikan melalui akun instagram pribadi milik mereka. Fenomena ini adalah salah satu bukti bahwa kepopuleran nama suatu artis sangat berimbas besar untuk mendompleng penjualan. Dan kecanggihan media sosial saat ini sebagai media marketing juga menjadi pilihan utama dalam mempromosikan suatu brand tertentu.


Leave a Reply