Pertahankan Bisnis Keluarga, Inilah Hal-Hal yang Wajib Dilakukan oleh Para Generasi Penerusnya

Pertahankan Bisnis Keluarga, Inilah Hal-Hal yang Wajib Dilakukan oleh Para Generasi Penerusnya

08 Pebruari 2017,   By ,   0 Comments

family1Membangun dan menjaga kelanggengan bisnis keluarga memang bukan perkara yang mudah. Terkadang kepentingan bisnis harus dikorbankan demi menjaga keharmonisan keluarga, atau sebaliknya hubungan keluarga menjadi renggang hanya demi kepentingan bisnis. Oleh karena itu, dalam menjalankan bisnis keluarga, para generasi penerusnya harus pandai-pandai dalam mengatur dan menyeimbangkan antara kepentingan keluarga dan bisnis. Sehingga bisnis keluarga dapat terus berjalan dengan baik. Lalu, hal-hal apa sajakah yang perlu dilakukan oleh para generasi selanjutnya untuk mempertahankan bisnis keluarga yang sudah ada? Berikut ulasannya.

family2

1. Pilih Orang-Orang yang Tepat

Salah satu faktor yang menjadi penyebab runtuhnya sebuah bisnis keluarga adalah pertikaian yang terjadi antara generasi berikutnya dalam menduduki posisi pimpinan. Oleh karena itu, sedini mungkin perlu mendidik generasi – generasi yang cakap dalam dunia bisnis. Namun sayangnya, banyak orang yang menyalah artikan bahwa mempersiapkan generasi berarti menemukan CEO berikutnya. Padahal, pemilihan orang-orang yang tidak tepat justru akan dapat membahayakan keberlangsungan bisnis yang sudah berjalan lama tersebut.

family3

2. Konsisten dengan Visi dan Misi yang Sudah Ada

Bergantinya generasi sering pula dibarengi dengan bergantinya visi dan misi. Meski hal tersebut tampak remeh, namun bila visi dan misi saja dengan mudah diganti-ganti, hal itu justru akan membuat bisnis yang sudah ada justru berkurang konsistensinya dalam mempertahankan bisnis mereka.

family4

3. Riset Terus-Menerus

Inilah hal yang paling penting untuk dilakukan dalam mempertahankan bisnis keluarga. Meski sudah mencapai puncak kesuksesan, hal ini tak lantas membuat para generasi selanjutnya untuk tidak melakukan riset. Riset sendiri akan sangat diperlukan untuk terus mengikuti perkembangan target pasar yang terbaru.

family5

4. Tak Perlu Ide Baru, Kembangkan yang Sudah Ada

Terkadang, hal yang lama dan sederhana memang lebih baik tetap dipertahankan keberadaannya. Hal ini dilakukan demi kebaikan bisnis itu sendiri, apalagi bila bisnis tersebut sudah banyak dikenal oleh banyak orang.


Leave a Reply