Brand consultant dan advertising agency

Brand consultant dan advertising agency

02 Agustus 2016,   By ,   0 Comments

Brand consultant ada di era menarik konsumen dengan menggunakan iklan yang tersebar dimana-mana. Padahal hal itu bukanlah hal yang paling strategis untuk meningkatkan penjualan. Menigkatkan jumlah iklan tanpa memperhitungkan efisiensi hanya akan membuang-buang uang perusahaan. Bayangkan saja jika memasang iklan dengan hanya anggapan bahwa banyaknya jumlah iklan terpasang juga akan mendatangkan banyak konsumen. Anggapan ini sama sekali tidak benar karena tiap perusahaan mempunyai target pasar yang berbeda. Sehingga pemasangan iklan harus menyesuaikan tempat-tempat dimana target pasar akan melihat iklan tersebut. Mengiklankan produk kepada konsumen di luar target pasar hanya akan membuang uang karena tingkat kemungkinan mereka untuk membeli produk sangatlah rendah. Masalah seperti ini yang kemudian akan dapat ditangani oleh brand consultant.

Advertising merupakan bagian penting dari marketing. Akan tetapi advertising hanya menyediakan strategi jangka pendek untuk menjual produk perusahaan. Berbeda dengan Brand consultant yang membantu perusahaan untuk membuat rencana jangka panjang. Namun perbedaan ini bukan berarti advertising dapat digantikan oleh branding melainkan branding memperkuat advertising sebagai bagian lain dari marketing. Apa saja perbedaan diantara advertising dan branding jika keduanya merupakan bagian dari marketing yang tak terpisahkan?

 

Masih banyak orang yang tidak dapat membedakan brand consultant dan advertising agency. Bahkan ada yang masih belum mengetahui apa itu brand consultant. Sering halnya orang yang bekerja di bidang brand consultant merasa kesulitan untuk menjelaskan pekerjaannya kepada orang yang hanya mengetahui advertising. Daripada menjelaskan panjang lebar, mereka lebih memilih mengatakan mereka bekerja di advertising agency.

 

Banyak hal yang membedakan brand consultant dari advertising agency. Pendeknya, brand consultant membantu untuk membangun strategi jangka panjang untuk membangun dan mengembangkan bisnis. Strategi ini dibuat untuk menerjemahkan nilai dan identitas yang diusung oleh bisnis yang akan tercerminkan dalam produk-produk yang akan ditawarkan. Lain halnya dengan advertising agency yang membantu bisnis anda untuk membuat taktik jangka pendek untuk meningkatkan tingkat penjualan produk.

 

Apa yang sebenarnya dilakukan brand consultant untuk membangun identitas brand? Brand consultant melakukan market research untuk mengidentifikasi target pasar, membuat penilaian terhadap pandangan konsumen, kompetisi, tren bisnis, dan nilai produk. Hasil dari research yang dilakukan ini kemudian diterjemahkan menjadi beberapa faktor yang mempengaruhi kuat tidaknya identitas brand. Faktor-faktor ini meliputi nama dan logo, atmosfer, jangkauan komunitas, dan lingkungan kerja.

Brand consultant melibatkan beberapa ahli dalam bidangnya. Graphic designer, copywriter, dan marketing specialist adalah ahli-ahli yang dibutuhkan oleh brand consultant. Tiap-tiap ahli Brand consultant bekerja dalam bidangnya masing-masing dengan acuan market reaserch yang telah dilakukan sebagai langkah pertama untuk membangun identitas brand.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *