Branding Consultant untuk Bisnis yang Sukses

Branding Consultant untuk Bisnis yang Sukses

03 Agustus 2016,   By ,   0 Comments

Branding Consultant memiliki kemampuan untuk mem-branding. Salah adanya jika sebuah brand dikatakan sebagai penentu konsumen membeli sebuah produk. Sama halnya dengan klaim bahwa brand tidak mempengaruhi konsumen dalam memilih produk melainkan kualitas produk yang menentukan. Dua-duanya sangat penting. Sebagai contoh ketika anda mempunyai sebuah merk kopi yang sangat berkualitas.

Namun kopi tersebut dikemas dengan nama dan kemasan yang tidak menarik, alih-alih membeli kopi, konsumen tidak akan memberikan waktunya untuk mencoba melihat kopi anda. Jangan menilai dari penampilan luar. Namun quote ini tidak berlaku di bidang marketing. Sebaliknya, penampilan sangatlah berpengaruh. Penampilan menarik konsumen untuk meluangkan waktunya melihat dan memilih apa yang anda punya untuk  ditawarkan. Sehingga branding adalah elemen penting dari bisnis dan branding adalah bidang yang dikuasai oleh branding consultant.

coffee-1281842_640

Brand bukan hanya nama and logo. Brand merupakan identitas sebuah bisnis. Branding consultant membantu untuk membesarkan identitas tersebut. Konsumen memilih sebuah produk dari seluruh produk yang ditawarkan padanya bukan hanya kualitas yang dimiliki produk tersebut. Contohnya kualitas brand A dan brand B sama. Namun brand A memiliki kemasan yang gampang dibuka dan nama yang sesuai dengan fungsi produk yang ditawarkan. Sehingga konsumen akan cenderung memilih brand A.

package-1081709_640

Jika brand bukan hanya sekedar nama dan logo, apakah definisi yang tepat? Kamus Cambridge mengartikan brand sebagai sebuah tipe produk yang dibuat oleh sebuah perusahaan. Akan tetapi, bahasa berkembang dari waktu ke waktu. Branding consultant dalam bidang marketing sendiri tidak diartikan hanya sebagai sebuah tipe produk. Bahkan brand telah digunakan secara luas untuk merujuk pada definisi luasnya. Penulis Linchpin Seth Godin mendefinisikan brand sebagai kesatuan ekspektasi, ingatan, cerita, dan hubungan yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam memilih sebuah produk dari banyak produk yang tersedia. Bisnis yang memiliki kesatuan ekspektasi, ingatan, cerita, dan hubungan terefleksi dari brand yang dimiliki, maka konsumen akan lebih memilih brand tersebut dibandingkan dengan brand yang lain.

iphone-1451614_640

Branding menjadi hal yang paling penting untuk dilakukan demi membangun bisnis yang sukes. Branding memang bisa dilakukan sendiri oleh pihak internal bisnis tetapi branding melibatkan bermacam-macam ahli yang tergabung dengan strategy marketing yang telah tersusun rapi. Sehingga branding membutuhkan riset yang teliti dan mendalam. Memakai jasa branding consultant merupakan keputusan yang cerdas karena dengan bantuan para ahli, kesalahan yang mungkin muncul akan lebih jarang terjadi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *