Branding dengan Media Sosial

Branding dengan Media Sosial

21 Juli 2016,   By ,   0 Comments

Penggunaan media komunikasi yang efektif sangat penting untuk pemasaran suatu produk dan aktivitas branding. Konsep branding sendiri tidak bisa dipahami secara sempit yaitu hanya sekadar logo atau merek dari produk atau perusahaan. Lebih luas, branding mencakup pelayanan konsumen, kualitas produk, serta reputasi dan citra perusahaan di mata pelangggan. Mengapa kita perlu melakukan branding dengan media sosial?

branding dengan media sosial-1

Pentingnya Branding dengan Media Sosial

Di era serba maju ini, media sosial adalah hal baru yang berpotensi besar untuk menarik perhatian massa. Sebagian besar orang, terutama generasi muda, sekarang sudah begitu lekat dengan media sosial. Tidak ada satu hari pun yang bisa mereka lewati tanpa mengakses Facebook, Instagram, Path, Snapchat, dan sebagainya. Berbagai media sosial yang memiliki target pengunjung spesifik pun telah sukses di pasaran. Contohnya adalah LinkedIn (media sosial untuk para profesional), Pinterest (kelompok pecinta seni dan kerajinan), dan DeviantArt (untuk para desainer grafis).

Banyaknya jumlah pengguna media sosial ini membuat sebuah perusahaan mudah untuk melakukan branding dengan media sosial. Platform ini bahkan tidak hanya digunakan untuk marketing ataupun branding melainkan juga untuk menilai produk, calon karyawan, mencari referensi, dan sebagainya. Dengan internet, sekarang semua kegiatan sudah bisa dilakukan dengan mudah. Selain efeknya masif, sasaran yang dituju pun bisa sangat variatif.

branding dengan media sosial-2

Dengan didukung oleh adanya media sosial, sekarang perusahaan bisa melakukan aktivitas branding dengan biaya yang relatif terjangkau. Salah satu contohnya adalah dengan membuat akun di media sosial seperti Facebook dan Instagram untuk meningkatkan kesadaran khalayak luas akan brand kita. Sangatlah penting bagi sebuah perusahaan untuk memiliki media sosial karena selain meningkatkan popularitas, kita juga bisa menjangkau dan berada lebih dekat dengan konsumen.

Melihat pentingnya keterjangkauan sebuah perusahaan di media sosial, seorang pelaku usaha yang sudah memiliki media sosial harus menuntut dirinya sendiri untuk aktif berinteraksi di dunia maya. Kita juga harus selalu dinamis serta mengikuti tren terbaru yang sedang marak di dunia maya. Dengan cara inilah branding dengan media sosial bisa dijalankan dengan baik.

branding dengan media sosial-3

Lebih rincinya lagi, aktif di dunia maya bukan sekadar masalah penampilan visual dan konten yang berbobot. Perusahaan juga harus memiliki public relation officer serta customer service yang baik untuk menjaga branding perusahaan. Melalui fitur livechat, post, dan comment, pelaku usaha dapat interaksi langsung dan memahami kemauan konsumen. Hal ini merupakan salah satu kelebihan utama kegiatan branding dengan media sosial. Perusahaan jadi memiliki plaform untuk dekat dengan konsumen. Jika kita sudah mampu menjangkau konsumen, maka langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah memberikan layanan terbaik. Jangan sampai kita sudah terjangkau namun tidak bisa memberikan jasa yang memuaskan.

Pada akhirnya, jika sebuah perusahaan sudah melakukan branding dengan media sosial dengan cara yang benar, maka ia tentu akan mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat. Sejalan dengan itu, reputasi perusahaan akan membaik sehingga konsumen lama akan terus bertahan dan konsumen baru berdatangan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *