Jasa Branding

Jasa Branding

25 November 2015,   By ,   0 Comments

menu home b

“Products are made in the factory, brands are created in the mind.” – Walter Landor

Branding merupakan strategi pemasaran dengan menciptakan nama dan image yang berbeda, juga logo dan tagline, untuk membangun sebuah persepsi di benak konsumen akan sebuah produk sehingga mereka tertarik untuk menggunakannya. Tanpa adanya Brand, maka semua produk atau jasa bernilai sama di mata konsumen. Di antara berbagai macam Brand atas suatu produk yang sama, alasan konsumen memilih suatu Brand tertentu dipengaruhi oleh pengalamannya dengan produk itu, baik itu pengemasan, identitas visual, iklan, dan persepsinya atas Brand itu. Dapat disimpulkan bahwa Brand adalah sebuah keseluruhan aspek fungsional dan emosional sebuah produk, jasa, atau kelompok yang membedakannya dari pesaing lain, dan yang menjadikannya istimewa di benak konsumen. Setiap produk, jasa, atau kelompok mempunyai aspek fungsional, yang mencakup fungsi, ciri, atau kapabilitas yang bisa menjadikannya istimewa dari yang lain. Selain itu, terdapat pula aspek emosional yang muncul sebagai reaksi atas identitas Brand, iklan, ataupun adanya komunitas dan tokoh yang menggunakan serta dikaitkan dengan Brand itu. Identitas Brand atau identitas visual adalah elemen visual dan verbal suatu Brand yang mencakup semua desain yang sesuai, seperti logo, business card, letterhead, pengemasan, serta tagline dan website. Dalam hal ini, strategi Branding digunakan untuk menciptakan identitas Brand yang tepat.

Pada dasarnya, Brand terbaik ditetapkan oleh khalayak umum. Opini dan persepsi mereka yang dapat menentukan suatu Brand gagal atau berhasil. Selain identitas Brand, persepsi publik juga dipengaruhi oleh Brand promise. Konsumen suatu Brand dapat berganti ke Brand lain karena Brand itu dinilai tidak dapat membuktikan Brand promise-nya dengan baik. Hal lain yang ikut berperan dalam memengaruhi persepsi konsumen secara keseluruhan adalah Brand experience. Brand experience adalah pengalaman suatu individu setiap kali ia berinteraksi dengan suatu Brand, baik positif, negatif, ataupun netral. Tujuan utama dari Brand experience ini adalah untuk mendapatkan ketertarikan, kepercayaan, dan kesetiaan konsumen terhadap suatu Brand. Strategi Branding yang tepat akan menghasilkan Brand promise dan Brand experience yang mampu menciptakan kesan yang baik pada konsumen.

Saat pertama kali konsep Branding muncul, Brand hanyalah tentang nama, logo, promise, dan pengemasan yang membangun sebuah identitas Brand. Sekarang, Branding telah berkembang menjadi keseluruhan proses dalam menciptakan Brand, nama Brand, identitas Brand, dan juga iklan. Membangun sebuah Brand bukanlah hal yang sederhana. Dalam hal ini, Brand Consultant diperlukan untuk merepresentasikan dengan baik tujuan pemasaran suatu perusahaan untuk Brandnya. Brand Consultant akan berperan sebagai fungsi kreatif yang menangani semua kegiatan Branding. Start Friday, sebagai Asia Brand Consultant, telah berhasil menangani permasalahan Branding untuk Astronacci, Tim Rent, JV Shelving, dan masih banyak lagi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *