Keberadaan Branding Sebagai Daya Tarik Sekaligus Martabat

Keberadaan Branding Sebagai Daya Tarik Sekaligus Martabat

27 Oktober 2016,   By ,   0 Comments

                         excelso1

Strategi branding menjadi elemen terpenting dalam suatu bisnis yang dimiliki oleh seseorang, besar maupun kecil bisnis tersebut. Keberadaan branding dan berbagai strateginya ternyata menjadi cara yang ampuh untuk mengikat bahkan menjalin komunikasi yang baik dengan para konsumen. Salah satu strategi branding yang marak dilakukan oleh para pemilik brand di Indonesia sejak dahulu hingga kini adalah dengan memberi nama brand dengan menggunakan bahasa asing, (misal: bahasa inggris). Kebiasaan masyarakat Indonesia yang kerap lebih kagum terhadap brand-brand luar negeri ketimbang brand-brand lokal membuat para pemilik brand di Indonesia justru menemukan strategi brand yang tepat untuk menarik minat para konsumen agar tertarik pada brand-brand mereka, yaitu dengan memberi nama brand mereka dengan menggunakan bahasa asing. Hal ini dilakukan para pemilik brand agar para konsumen beranggapan bahwa brand-brand yang diberi nama brand dengan bahasa asing tersebut adalah brand-brand asing atau dari luar negeri sehingga dapat meningkatkan penjualan produk brand-brand lokal milik mereka yang dikira brand-brand luar negeri tersebut.

ex1

Seperti halnya kafe kopi Excelso. Kafe kopi yang awalnya dikira milik pengusaha luar negeri ini ternyata dimiliki oleh perusahaan Indonesia, yaitu PT Excelso Multi Rasa (EMR) yang merupakan anak perusahaan dari Grup Kapal Api. Nama Excelso (singkatan dari Excellent dan So yang dibalik menjadi Excelso) ini sendiri sengaja dipilih oleh perusahaan untuk memunculkan citra internasional pada brand ini. Dengan mengusung nama brand serta nama-nama di daftar menu (minuman dan makanan) yang menggunakan bahasa Inggris, hal ini pun secara langsung membuat para konsumen beranggapan bahwa brand kafe kopi ini adalah brand luar negeri.

excelso2

Disamping itu, konsep kafe kopi yang dibuat berkelas internasional dengan sasaran konsumen untuk kelas menengah ke atas ini juga menjadi strategi branding yang digunakan oleh perusahaan untuk menarik minat konsumen terhadap brand ini. Meski mengusung konsep internasional dan bahasa inggris sebagai bahasa yang digunakan untuk brand serta nama-nama dalam pilihan menunya, nyatanya bahan baku Excelso semuanya asli dari tanah Indonesia sehingga membuat harga untuk setiap menu dalam kafe kopi ini menjadi lebih terjangkau untuk masyarakat Indonesia. Cita rasa kopi yang ditawarkan Excelso pun telah disesuaikan dengan selera Indonesia. Hal ini pun lantas membuat brand Excelso menjadi brand dengan kualitas internasional dan cita rasa khas Indonesia yang kini semakin digemari masyarakat Indonesia.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *