Jasa Desain Logo sebagai Bagian dari Brand Consultant

Jasa Desain Logo sebagai Bagian dari Brand Consultant

02 Agustus 2016,   By ,   0 Comments

Jasa desain logo diperlukan untuk mengembangkan bisnis. Sebuah bisnis harus mempunyai “wajah” yang baik untuk konsumen. Oleh karena itu logo yang merupakan wajah depan sebuah bisnis harus didesain secara benar. Banyak bisnis yang menggunakan jasa desain logo dari berbagai macam penyedia jasa seperti freelance, studio kreatif, dll. Brand consultant yang membantu membangun image brand juga menyediakan desain logo sebagai salah satu jasa dalam branding.

Don’t judge a book by its cover. Quote ini banyak sekali kita dengar dan tak jarang ada yang menyetujui. Namun, kita lihat kenyataannya. Orang dengan penampilan yang baik akan mendapatkan perlakuan yang baik. Bisakah anda membayangkan bagaimana memilih buku yang bagus tanpa melihat cover? Apakah anda harus membuka dan membaca bagian pertama buku untuk melihat apakah buku tersebut memang buku yang ingin anda beli atau bukan? Tidak. Cover dibuat untuk mempresentasikan isi buku sehingga pembaca bisa mengetahui garis besar apa yang ada di dalam buku tersebut. Sama halnya dengan bisnis.

Book Fair shelving

Logo yang bagus mempresentasikan nilai yang diusung dari sebuah bisnis. Jasa desain logo memang bukan satu-satunya hal yang paling penting dalam berbisnis, tetapi logo merupakan wajah depan yang harus dipresentasikan secara baik kepada konsumen. Bukanlah hal yang tidak wajar jika banyak perusahaan-perusahaan besar telah menghabiskan dana jutaan untuk membuat logo mereka. Logo perusahaan besar seperti Nike dan McDonalds telah memiliki logo sebagai trademark mereka yang membuat banyak orang dapat mengidentifikasi brand mereka hanya dari logo.

Untuk dapat membuat logo yang bagus, jasa desain logo dan klien harus berkomunasi dengan baik untuk pemahaman konsep brand yang ingin diusung oleh klien agar jasa desain logo dapat menvisualisasikannya menjadi desain.

Jasa desain logo bukan hanya saat bisnis pertama kali dibangun. Logo juga dapat dirubah sewaktu-waktu. Namun, pertanyaan pentingnya adalah apakah perubahan logo diperlukan? Bagaimana koneksi konsumen dengan logo? Tidak ada faktor pasti kapan logo harus dirubah. Hal ini bisa dilihat dari perubahan logo GAP yang mendapat respon negatif. Akan tetapi ada beberapa waktu yang bisa dijadikan saat yang tepat untuk merubah logo.

Pertanyaan yang telah diajukan diatas “apakah perubahan logo diperlukan?” bisa diketahui melalui pertanyaan-pertanyaan yang dikutip dari Forbes berikut:

1. Apakah logo bermasalah secara teknis?
2. Akankah perubahan logo membawa dampak yang positif?
3. Apakah logo secara desain telah ketinggalan jaman?
4. Perusahan baru telah bergabung dengan perusahaan lain?
5. Apakah perusahaan telah berkembang dan logo tidak lagi mencerminkan nilai dan brand yang dimiliki?
6. Apakah logo mempunyai desain yang tidak mencerminkan batas waktu?

Perubahan desain logo bisa menjadi hal yang sangat riskan untuk dilakukan. Karena respon konsumen dan publik bisa saja berbeda meskipun sebelum merubah logo sudah beracuan dari pertanyaan diatas. Brand consultant yang memang memiliki service untuk masalah image branding bisnis anda dengan jasa desain logo dapat menganalisa masalah logo perusahaan anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *