Manakah Yang Lebih Baik? Bisnis Produk Dengan Brand atau Tanpa Brand?

Manakah Yang Lebih Baik? Bisnis Produk Dengan Brand atau Tanpa Brand?

28 Oktober 2016,   By ,   0 Comments

u1

Semua orang pasti familiar dengan yang namanya brand. Umumnya, brand diartikan sebagai suatu identitas dari sebuah produk. Tapi, apa sih pengertian brand sebenarnya? Berikut penjelasannya.

 

Lamb (2001) berpendapat bahwa “Brand adalah suatu nama, istilah, simbol, desain atau gabungan keempatnya yang mengidentifikasikan produk para penjual dan membedakannya dari produk pesaing.”

Sedangkan nama brand yaitu bagian dari brand yang dapat disebutkan, diucapkan termasuk huruf-huruf, kata-kata, dan angka-angka. Brand merupakan janji penjual untuk secara konsisten memberikan keistimewaan, manfaat, dan jasa tertentu pada pembeli, serta memberikan jaminan bermutu terbaik.

u2

Nah, berarti kalau brand product yaitu produk-produk yang telah mempunyai nama atau dikenal oleh banyak orang. Setiap produk pasti ingin menciptakan mindset yang berbeda di benak konsumen. Jadi, tak heran jika hampir semua produk memiliki brand atau merk. Lalu bagaimanakah dengan produk komoditas?

Komoditas adalah sesuatu benda nyata yang relatif mudah diperdagangkan, dapat diserahkan secara fisik, dapat disimpan untuk suatu jangka waktu tertentu dan dapat dipertukarkan dengan produk lainnya dengan jenis yang sama, yang biasanya dapat dibeli atau dijual oleh investor melalui bursa berjangka. Secara umum, komoditas adalah suatu produk yang diperdagangkan, termasuk valuta asing, instrumen keuangan dan indeks.

u3

Itu artinya, produk komodiatas merupakan produk yang biasanya tidak memiliki brand tertentu. Jadi produk komoditas tersebut dapat diperjual-belikan oleh siapapun dan kepada siapapun.

Jika sudah seperti itu, manakah yang lebih baik? Produk berbrand atau justru produk komoditas saja? Tanpa berpikir panjang mungkin anda akan memutuskan untuk berbisnis produk komoditas, tetapi coba pikirkan kembali. Produk komoditas itu ibarat barang atau produk yang tidak memiliki nama. Jadi orang akan lebih familiar dengan produk yang telah memiliki nama. Bila dibandingkan dengan kelebihan produk berbrand, berikut beberapa kekurangan yang dimiliki produk komoditas.

Kekurangan produk komoditas:

  1. Tidak memiliki nama, (berbeda dengan produk yang telah memilik brand pastinya akan lebih mudah untuk diingat orang).
  2. Jangkauannya tidak seluas produk bermerk, (produk bermerk dimanapun pasti ada dan mudah untuk ditemukan).
  3. Karena tidak memiliki brand, tidak menutup kemungkinan pelanggan atau konsumen tidaklah tetap.

Oke, sekarang andalah yamg memutuskan ingin menggeluti bisnis dengan produk yang berbrand atau malah produk komoditas? Think again.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *