Air Mineral Equil: Produk Made in Indonesia dengan ‘International Look’

Air Mineral Equil: Produk Made in Indonesia dengan ‘International Look’

05 Desember 2016,   By ,   0 Comments

                 equil4

                   Pepatah ‘Jangan Hanya Nilai Sebuah Buku Dari Bungkusnya’ rupanya tidak berlaku untuk keberhasilan strategi brand yang dilakukan oleh PT Equilindo Asri dengan produk air mineralnya yang sudah sangat terkenal, berbrand Equil. Brand Equil yang merupakan produk air mineral yang dikemas dengan sangat apik, istimewa, dan tampak sangat eksklusif karena air mineral ini dikemas menggunakan botol kaca berwarna hijau dengan tutup berwarna putih dan kuning sebagai pembeda antara dua jenis pilihannya, yaitu: air mineral natural dan air mineral bersoda. Selain terkenal di kalangan menengah ke atas,  Equil juga sudah sering menjadi pelengkap dan tersaji di hotel-hotel berbintang lima, meja restoran fine dining, hingga meja Istana Negara saat rapat kabinet.

 

 

                Sebenarnya, strategi brand apa yang dilakukan oleh perusahaan ini? Hingga membuat brand air mineral ini dikenal dan melejit ke pasar Eropa bahkan mancanegara. Berikut ulasan strategi brand Equil yang sangat biasa-biasa saja sebetulnya, namun hasilnya memang menjadi sangat luar biasa.

equil2

                Pencetus brand Equil mengaku sengaja membuat desain botol yang ‘wow’ serta desain gambar menarik yang menyimbolkan kehidupan dan alam seperti matahari, air, daun dan wanita pada botol yang digunakan sebagai kemasan air mineral Equil. Terlebih, pada kemasannya juga dicantumkan kata-kata ‘Bottled at source at villa D’ equilibrium’ yang seolah-olah menggambarkan sebuah lokasi di luar negeri.

equil3

                Strategi brand yang dilakukan Equil terbukti sangat cerdik karena mampu menerobos dinding istana serta memasok acara-acara khusus seperti konferensi OPEC sehingga citranya semakin melambung di mancanegara karena desain botol dan kalimat persuasive yang tertulis di kemasan botol kacanya tersebut. Dalam tempo setahun saja Equil sudah berhasil menguasai 80% pangsa pasar air mineral natural di kelas super premium. Bahkan brand ini juga mantap bersaing dengan brand air mineral impor asal Perancis, seperti Evian dan Perrier. Dari sekitar 100 hotel berbintang 4 dan 5 yang ada di Indonesia, hanya beberapa gelintir saja yang belum menyediakan Equil karena masih terikat kontrak dengan brand air mineral yang lainnya.

equil1

                Dibalik kesuksesan brand Equil, brand yang sudah sangat terkenal di kalangan menengah ke atas ini ternyata merupakan brand asli dari Indonesia, yang dicetuskan oleh warga negara Indonesia dan juga pabriknya yang berada di areal seluas 3 hektar di, Sukabumi  Jawa Barat – Indonesia. Sehingga tak dapat dipungkiri bila kesuksesan brand dengan kemasan botol yang eksklusifnya ini juga didukung oleh peningkatan pembelian oleh masyarakat kalangan menengah ke atas di Indonesia karena kebanggaan mereka terhadap brand Equil ini. Karena kemasan botol mewahnya tersebut, serta terungkapnya fakta bahwa brand Equil adalah brand lokal akhirnya berhasil membuat brand ini tak hanya sangat diminati di pasar mancanegara, namun juga menjadi brand bermutu baik dalam kemasan mengagumkan yang menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *