Part 1 : Aqua – Kekuatan CSR Sebagai Strategi Branding Yang Tak Lekang Oleh Waktu

Part 1 : Aqua – Kekuatan CSR Sebagai Strategi Branding Yang Tak Lekang Oleh Waktu

04 November 2016,   By ,   0 Comments

s4

Para pemilik brand-brand sukses tahu pasti bahwa tujuan dari keberadaan brand-brand mereka bukan hanya untuk menghasilkan uang. Tetapi juga untuk melakukan aksi-aksi kebaikan yang dapat mereka lakukan melalui produk-produk brand yang mereka produksi. Salah satu strategi branding yang tak lekang oleh waktu adalah dengan melakukan CSR (Corporate Social Responsibility). CSR adalah suatu program yang dilakukan oleh perusahaan maupun pemilik brand sebagai rasa tanggung jawab terhadap masyarakat maupun lingkungan sekitar. Hal ini bertujuan untuk membangun, meningkatkan, maupun mensejahterakan kehidupan masyarakat dan lingkungan agar menjadi lebih baik. Di zaman sekarang, pemilik-pemilik perusahaan-perusahaan maupun brand-brand sukses menganggap CSR bukan hanya sebagai strategi branding yang dapat meningkatkan citra perusahaan maupun brand mereka, namun juga sebagai investasi untuk jangka panjang. Pemilik-pemilik perusahaan maupun brand tersebut bahkan sudah membuktikan keampuhan dari kekuatan CSR yang tak lekang oleh waktu.

 

dd2

Dicetuskan pada tahun 70-an oleh seorang pria warga negara asli Indonesia bernama Tirto Utomo, lahirlah brand air minum dalam kemasan (AMDK) yang kini bahkan menjadi produk brand air minum dalam kemasan (AMDK)  nomer 1 di Indonesia, yaitu Aqua.

Sejak tahun 2007, Aqua sudah menjalankan program CSR yang bernama ‘Satu Untuk Sepuluh’ yaitu 1 liter Aqua yang terjual = 10 liter air untuk masyarakat di desa-desa terpencil di Indonesia. Aqua sadar bahwa sulitnya akses air di daerah-daerah tertentu dapat membuat masyarakat di daerah-daerah tersebut menjalani hidup yang kurang sehat, seperti halnya tidak mencuci tangan menggunakan air bersih yang mengalir. Melalui program CSR ini, Aqua bertujuan untuk membantu masyarakat di daerah-daerah terpencil maupun yang sulit air di Indonesia dengan membuat pipa-pipa yang mengalirkan air dari pegunungan ke desa-desa. Hal ini dilakukan agar masyarakat di daerah-daerah tersebut dapat menjalani kehidupan yang lebih sehat karena mudahnya akses air yang mereka dapatkan secara gratis dari program CSR Aqua tersebut.

dd3

Program CSR yang masih berlanjut hingga kini itu pun terbukti membuat brand Aqua semakin dicintai oleh para konsumen. Karena selain menjual produk yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat, Aqua juga mengajarkan cara hidup sehat pada para konsumennya yaitu untuk rutin meminum air putih.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *