Part 2 : Tupperware – Kekuatan CSR Sebagai Strategi Branding Yang Tak Lekang Oleh Waktu

Part 2 : Tupperware – Kekuatan CSR Sebagai Strategi Branding Yang Tak Lekang Oleh Waktu

07 November 2016,   By ,   0 Comments

s3

Para pemilik brand-brand sukses tahu pasti bahwa tujuan dari keberadaan brand-brand mereka bukan hanya untuk menghasilkan uang. Tetapi juga untuk melakukan aksi-aksi kebaikan yang dapat mereka lakukan melalui produk-produk brand yang mereka produksi. Salah satu strategi branding yang tak lekang oleh waktu adalah dengan melakukan CSR (Corporate Social Responsibility). CSR adalah suatu program yang dilakukan oleh perusahaan maupun pemilik brand sebagai rasa tanggung jawab terhadap masyarakat maupun lingkungan sekitar. Hal ini bertujuan untuk membangun, meningkatkan, maupun mensejahterakan kehidupan masyarakat dan lingkungan agar menjadi lebih baik. Di zaman sekarang, pemilik-pemilik perusahaan-perusahaan maupun brand-brand sukses menganggap CSR bukan hanya sebagai strategi branding yang dapat meningkatkan citra perusahaan maupun brand mereka, namun juga sebagai investasi untuk jangka panjang. Pemilik-pemilik perusahaan maupun brand tersebut bahkan sudah membuktikan keampuhan dari kekuatan CSR yang tak lekang oleh waktu.

ee2

Tupperware merupakan perusahaan multinasional yang pusatnya berada di kota Orlando, Amerika Serikat. Perusahaan yang didirikan pada tahun 1946 ini memproduksi dan memasarkan berbagai produk plastik berkualitas bagus untuk berbagai keperluan rumah tangga, seperti: wadah makanan dan minuman yang kedap udara, yang tahan panas maupun dingin, serta alat-alat masak. Sekarang, perusahaan ini sudah terdapat di lebih dari 100 negara di dunia, perkembangannya pun menjadi lebih pesat setiap tahunnya. Keberadaan brand ini memang diperuntukkan bagi para ibu rumah tangga agar lebih mudah dalam menyiapkan kebutuhan keluarganya. Sehingga, citra brand Tupperware pun menjadi sangat lekat dengan para ibu.

ee3

Pada tahun 2008, Tupperware Indonesia menggagas program CSR dalam bentuk acara televisi yang berjudul ‘Tupperware. She Can!’.  Acara tv yang biasa ditampilkan di akhir pekan di salah satu televisi swasta tersebut menampilkan tentang semangat sosok wanita-wanita tangguh yang sesuai dengan filosofi Tupperware 3E, yaitu: Enlighten (mencerahkan), Educate (mendidik), dan Empower (memberdayakan). Tak hanya itu, Tupperware juga mengadakan acara ‘Tupperware. She Can! Award’ yang diadakan setiap dua (2) tahun sekali sebagai pemberian penghargaan kepada wanita-wanita luar biasa tersebut. Dengan komitmennya dalam filosofi tersebut, Tupperware akan terus mendukung upaya para wanita-wanita tangguh tersebut untuk tetap menjadi sosok yang mampu berkontribusi secara positif dalam kehidupan berkeluarga maupun bermasyarakat.

Program CSR dalam bentuk acara tv tersebut pun masih berlanjut hingga kini. Karena selain menjual produk plastik berkualitas yang memudahkan para ibu rumah tangga, adanya program ‘Tupperware. She Can!’ yang digagas brand Tupperware dapat terus menginspirasi wanita Indonesia untuk terus memiliki semangat dan kepercayaan diri dalam mewujudkan cita-cita yang mulia demi kehidupan keluarga dan masyarakat yang lebih baik.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *