Kesuksesan Strategi Banding Dengan Kehadiran Komunitas

Kesuksesan Strategi Banding Dengan Kehadiran Komunitas

02 November 2016,   By ,   0 Comments

               bb

Ada beragam cara dalam strategi branding agar penjualan produk-produk brand tersebut menjadi lebih efektif dan lebih bertahan lama dalam minat para konsumen. Ketatnya persaingan bisnis antar perusahaan maupun brand membuat para pemilik perusahaan atau brand tersebut sudah sepatutnya merencanakan strategi yang bisa berguna dalam jangka waktu yang lebih lama. Salah satu strategi yang hemat namun dapat membuat konsumen terus-menerus membeli atau memakai produk-produk brand adalah dengan membangun kerja sama dengan komunitas. Cara ini dinilai ampuh dan sangat efektif dalam memasarkan brand sehingga sebuah perusahaan atau brand tak hanya dikenal secara luas namun juga keberadaan produk-produk dari brand tersebut menjadi diingat oleh para konsumen sehingga membuat mereka terus-menerus membeli ataupun memakai produk-produk brand tersebut.

 

               bb1

Komunitas yang terdiri dari perkumpulan orang-orang yang mencintai atau menyukai hal yang sama membuat mereka menjadi duta-duta brand yang sangat loyal untuk meningkatkan eksistensi maupun penjualan produk-produk dari sebuah brand. Seperti halnya yang sudah diterapkan oleh perusahaan sepeda ternama, Polygon. Brand sepeda ternama yang bahkan sudah sangat terkenal dikancah bisnis internasional ini ternyata mempunyai strategi branding yang sangat menakjubkan dalam memperkenalkan brand mereka yaitu Polygon. Strategi brand yang sudah lama digeluti oleh brand asli Indonesia yang pabriknya berada di kota Sidoarjo, Jawa Timur ini ternyata adalah dengan menggunakan peran komunitas, yaitu komunitas para penggemar olahraga bersepeda.

Polygon mengajak komunitas para penggemar olahraga bersepeda untuk bekerja sama dalam memperkenalkan brand sepeda Polygon. Selain itu, Polygon juga mengajak para penggemar olahraga bersepeda yang terkumpul dalam komunitas ini untuk memperkenalkan kegiatan bersepeda yang tak hanya sebagai kegiatan olahraga namun juga menjadi bagian dari gaya hidup yang kini mulai marak dilakukan oleh masyarakat modern.

bb2

Berkat strategi cemerlang yang sudah bertahun-tahun diterapkan oleh Polygon, brand ini pun mendapat tempat sendiri di benak para konsumennya yang semakin tahun semakin bertambah. Karena para penggemar olahraga bersepeda yang terkumpul dalam komunitas-komunitas tersebut senantiasa merekomendasikan brand Polygon pada kerabat-kerabat serta keluarganya. Rekomendasi dari para penggemar olahraga bersepeda tersebut rupanya sangat dipercaya karena mereka telah membuktikan sendiri kualitas sepeda dari brand Polygon.

Agar kerja sama antar pemilik brand yaitu Polygon dengan orang-orang yang tergabung dalam komunitas-komunitas tersebut menjadi lebih dekat, mereka pun kerap melakukan aksi-aksi sosial seperti: melakukan kompetisi tour bersepeda lalu menyumbangkan hadiah-hadiah dari kompetisi tersebut sebagai amal. Tak heran bila brand Polygon ini juga menjadi pemenang tahunan di acara penghargaan-penghargaan bisnis karena strategi brandingnya yang memang sangat luar biasa.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *