Hal-Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Tips dan Trik untuk Rebranding Bisnis Anda

ar1

Meski sebuah brand telah menghasilkan banyak produk dan bahkan semua produknya tersebut telah menjadi produk kebanggaan banyak orang, namun ada beberapa hal yang mau tidak mau membuat suatu perusahaan wajib melakukan rebranding pada brandnya. Ketertarikan orang-orang yang berubah-ubah, brand pesaing yang hadir dengan inovasi yang lebih menjanjikan adalah berbagai hal yang akan dihadapi sebagai tanda bahwa brand anda butuh direbranding agar reputasinya bisa tetap dipertahankan di mata para konsumen yang sudah setia dengan brand anda.

 Bila anda telah menemukan tanda-tanda seperti diatas, itu artinya anda perlu me rebranding bisnis anda. Berikut ada berbagai tips dan trik untuk rebranding bisnis anda yang wajib anda ketahui.

denim1

Menciptakan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan banyak orang akan selalu menjadi dasar strategi branding yang membuat para konsumen tidak akan bisa kehilangan minatnya terhadap produk tersebut. Branding awareness para konsumen yang sudah ada juga  perlu untuk terus ditingkat agar membuat sebuah brand terus meningkat peminatnya.

Tidak berhenti melakukan inovasi-inovasi terbaru serta menjaga kualitas akan selalu berhasil memenangkan kepuasan konsumen. Sehingga seorang konsumen yang sudah puas terhadap brand tertentu tersebut akan selalu percaya terhadap keunggulan produk-produk brand tersebut.

joger1

Membangun brand equity merupakan strategi branding pokok yang wajib dilakukan oleh para pemilik perusahaan maupun brand apabila menginginkan brand atau perusahaan mereka tetap sukses meski banyaknya pesaing dengan produk-produk sejenis yang berusaha menyaingi bahkan menduplikat brand mereka. Brand equity yang kuatlah yang menjadi dasar penopang kesuksesan salah satu brand kaos khas salah satu daerah di Indonesia, yaitu Joger yang berasal dari Bali.

dagadu1

                       Membangun brand equity merupakan strategi branding pokok yang wajib dilakukan oleh para pemilik perusahaan maupun brand apabila menginginkan brand atau perusahaan mereka tetap sukses meski banyaknya pesaing dengan produk-produk sejenis yang berusaha menyaingi bahkan menduplikat brand mereka. Brand equity yang kuatlah yang menjadi dasar penopang kesuksesan salah satu brand kaos khas salah satu daerah di Indonesia, yaitu Dagadu yang berasal dari Yogyakarta.

               terry-1

                      Strategi branding menjadi elemen terpenting dalam suatu bisnis yang dimiliki oleh seseorang, besar maupun kecil bisnis tersebut. Keberadaan branding dan berbagai strateginya ternyata menjadi cara yang ampuh untuk menarik bahkan mengikat para konsumen untuk membuat mereka menjadi konsumen yang setiia terhadap brand tertentu. Salah satu strategi branding yang marak dilakukan oleh para pemilik brand di Indonesia sejak dahulu hingga kini adalah dengan memberi nama brand dengan menggunakan bahasa asing. Kebiasaan masyarakat Indonesia yang kerap lebih kagum terhadap brand-brand luar negeri ketimbang brand-brand lokal membuat para pemilik brand di Indonesia justru menemukan strategi brand yang tepat untuk menarik minat para konsumen agar tertarik pada brand-brand mereka, yaitu dengan memberi nama brand mereka dengan menggunakan bahasa asing.

uni22

Hampir setiap perusahaan maupun pemilik brand jelas menginginkan agar produk-produk dari brand mereka bisa laris dan selalu diminati masyarakat. Untuk mendapatkan hal-hal tersebut, tentu dibutuhkan sebuah cara yang jitu yaitu dengan membangun sebuah brand loyalty. Ada strategi branding tak terduga dibalik penerapan hal-hal yang dapat membangun brand loyalty di masyarakat dari sebuah brand ternama di dunia, yaitu Unilever.

               m1

                 Ada beragam cara dalam strategi branding agar penjualan produk dari sebuah brand menjadi lebih efektif dan selalu diminati  para konsumen. Salah satu strategi branding yang berhasil mengantarkan brand Mayora ke puncak kesuksesan sebagai penakluk pasar lokal dan global adalah dengan pengembangan produk yang berbeda-beda jenis. Brand ini rupanya sangat sadar akan keinginan konsumen yang mempunyai selera makanan ringan (cemilan) yang  berbeda-beda, sehingga membuat Mayora memproduksi berbagai macam produk yang dapat memenuhi keinginan para konsumen.

                 equil4

                   Pepatah ‘Jangan Hanya Nilai Sebuah Buku Dari Bungkusnya’ rupanya tidak berlaku untuk keberhasilan strategi brand yang dilakukan oleh PT Equilindo Asri dengan produk air mineralnya yang sudah sangat terkenal, berbrand Equil. Brand Equil yang merupakan produk air mineral yang dikemas dengan sangat apik, istimewa, dan tampak sangat eksklusif karena air mineral ini dikemas menggunakan botol kaca berwarna hijau dengan tutup berwarna putih dan kuning sebagai pembeda antara dua jenis pilihannya, yaitu: air mineral natural dan air mineral bersoda. Selain terkenal di kalangan menengah ke atas,  Equil juga sudah sering menjadi pelengkap dan tersaji di hotel-hotel berbintang lima, meja restoran fine dining, hingga meja Istana Negara saat rapat kabinet.

     n1

       Tak dapat disangkal bahwa brand yang menjual berbagai produk yang sesuai dengan kebutuhan dapat mendatangkan konsumen dengan mudah. Apalagi bila brand tersebut mempunyai visi dan misi yang baik dalam produk-produk yang dibuatnya. Dengan adanya visi dan misi yang baik tersebut tidak hanya membuat konsumen berminat untuk membeli maupun menggunakan produk-produk dari brand tersebut, tetapi juga membuat mereka menjadi konsumen yang loyal karena produk-produk yang dihasilkan juga baik.

apple1

         Tidak semua pelanggan atau konsumen berpikir rasional ketika mereka membeli produk-produk dari suatu brand yang dianggap telah mempunyai nama yang besar. Kenyataannya, sebagian besar dari mereka bahkan membeli produk-produk dari suatu brand hanya karena mereka merasakan adanya keterikatan emosi mereka dengan brand tersebut. Emosi manusia yang bermacam-macam adanya tersebut ternyata berhasil ‘ditaklukan’ dengan sangat baik dan pas, tidak kurang dan tidak lebih, oleh salah satu brand teknologi ternama di dunia yaitu Apple Inc.


1 2 3 4 5 14