Inovasi Epic Sebagai Strategi Branding yang Menakjubkan

sar1

           Keberhasilan suatu brand terkadang justru lahir dari adanya inovasi-inovasi sederhana namun membuat perubahan yang signifikan dalam ranah produk-produk yang serupa bila dibandingkan dengan brand-brand lainnya. Selain menciptakan inovasi yang ‘mengubah’ demi keunggulan produk yang lebih baik, kampanye brand yang sarat dengan emosi juga menjadi acuan penting demi mendongkrak popularitas suatu brand agar menjadi lebih dikenal oleh banyak orang dan menarik bagi para konsumen. Sadar kebutuhan konsumen akan pembaharuan produk yang perlu diinovasi serta kampanye yang sarat emosi dan ‘mengundang’, brand Sariwangi yang telah ada sejak tahun 1973 hadir dengan membawa kelebihan-kelebihan tersebut. Tak mengherankan bila brand Sariwangi kini menjadi  ‘Raja Brand’ diantara produk-produk teh celup lainnya.

SAMSUNG CSC

       Semakin banyaknya orang yang menggunakan video sebagai media untuk mempromosikan diri maupun bisnis mereka membuat sebagian pebisnis akhirnya mempercayakan jasa video company profile dari perusahaan-perusahaan branding agency. Para pebisnis yang mempercayakan pembuatan video company profile mereka kepada perusahaan branding agency menganggap hasilnya yang tampak lebih menarik dan juga ‘berkelas’. Pembuatan video profil perusahaan merupakan salah satu jasa yang populer ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan branding agency saat ini. Namun dibalik itu, ada beberapa hal yang biasa dilakukan oleh para perusahaan branding agency agar video profil perusahaan menjadi lebih menarik.

           g3

Selama ini, kebanyakan orang yang berkutat di bisnis barang-barang komoditas hanya memasarkan barang-barangnya di pasar tradisional biasa, bahkan tanpa memberikan nama brand terhadap barang-barang komoditas tersebut. Padahal, pemberian nama brand bukan hanya berdampak positif untuk meningkatkan penjualan produk-produk dari sebuah brand, namun juga sebagai identitas dari produk-produk tersebut. Sehingga para konsumen pun lebih mengenali produk tersebut dan tidak akan mengalami kesulitan ketika akan membeli atau memakai produk tersebut lagi karena adanya nama brand yang mereka kenali.

s5

Strategi branding yang cerdas menjadi unsur penting dalam suatu bisnis yang dimiliki oleh seseorang, besar maupun kecil bisnis tersebut. Keberadaan branding dan berbagai strateginya ternyata menjadi cara yang ampuh untuk mengikat para konsumen sehingga mereka menjadi konsumen yang loyal terhadap suatu brand tertentu. Dengan membuat konsumen merasakan ‘rumah’ merupakan salah satu strategi branding yang cerdas agar penjualan produk-produk brand tersebut menjadi lebih efektif dan lebih bertahan lama dalam minat para konsumen sehingga penjualan pun akan semakin meningkat.

s3

Para pemilik brand-brand sukses tahu pasti bahwa tujuan dari keberadaan brand-brand mereka bukan hanya untuk menghasilkan uang. Tetapi juga untuk melakukan aksi-aksi kebaikan yang dapat mereka lakukan melalui produk-produk brand yang mereka produksi. Salah satu strategi branding yang tak lekang oleh waktu adalah dengan melakukan CSR (Corporate Social Responsibility). CSR adalah suatu program yang dilakukan oleh perusahaan maupun pemilik brand sebagai rasa tanggung jawab terhadap masyarakat maupun lingkungan sekitar. Hal ini bertujuan untuk membangun, meningkatkan, maupun mensejahterakan kehidupan masyarakat dan lingkungan agar menjadi lebih baik. Di zaman sekarang, pemilik-pemilik perusahaan-perusahaan maupun brand-brand sukses menganggap CSR bukan hanya sebagai strategi branding yang dapat meningkatkan citra perusahaan maupun brand mereka, namun juga sebagai investasi untuk jangka panjang. Pemilik-pemilik perusahaan maupun brand tersebut bahkan sudah membuktikan keampuhan dari kekuatan CSR yang tak lekang oleh waktu.

s4

Para pemilik brand-brand sukses tahu pasti bahwa tujuan dari keberadaan brand-brand mereka bukan hanya untuk menghasilkan uang. Tetapi juga untuk melakukan aksi-aksi kebaikan yang dapat mereka lakukan melalui produk-produk brand yang mereka produksi. Salah satu strategi branding yang tak lekang oleh waktu adalah dengan melakukan CSR (Corporate Social Responsibility). CSR adalah suatu program yang dilakukan oleh perusahaan maupun pemilik brand sebagai rasa tanggung jawab terhadap masyarakat maupun lingkungan sekitar. Hal ini bertujuan untuk membangun, meningkatkan, maupun mensejahterakan kehidupan masyarakat dan lingkungan agar menjadi lebih baik. Di zaman sekarang, pemilik-pemilik perusahaan-perusahaan maupun brand-brand sukses menganggap CSR bukan hanya sebagai strategi branding yang dapat meningkatkan citra perusahaan maupun brand mereka, namun juga sebagai investasi untuk jangka panjang. Pemilik-pemilik perusahaan maupun brand tersebut bahkan sudah membuktikan keampuhan dari kekuatan CSR yang tak lekang oleh waktu.

s1

Persaingan bisnis yang semakin kompetitif membuat berbagai pemilik perusahaan maupun brand dituntut untuk mampu mengikutinya dengan mengandalkan berbagai macam strategi brand. Pemilik-pemilik perusahaan maupun brand tersebut pun menjadi lebih mengedepankan untuk melakukan berbagai macam strategi brand yang ada ketimbang mengedepankan kualitas produk brand mereka. Akibatnya, bukannya menang bersaing, lahirnya brand-brand yang baru justru ditanggapi kurang positif oleh para konsumen karena mereka menilai brand-brand baru tersebut hanya mengedepankan image brand mereka ketimbang kualitas produk brand mereka sehingga membuatnya jadi kurang memuaskan.

               bb

Ada beragam cara dalam strategi branding agar penjualan produk-produk brand tersebut menjadi lebih efektif dan lebih bertahan lama dalam minat para konsumen. Ketatnya persaingan bisnis antar perusahaan maupun brand membuat para pemilik perusahaan atau brand tersebut sudah sepatutnya merencanakan strategi yang bisa berguna dalam jangka waktu yang lebih lama. Salah satu strategi yang hemat namun dapat membuat konsumen terus-menerus membeli atau memakai produk-produk brand adalah dengan membangun kerja sama dengan komunitas. Cara ini dinilai ampuh dan sangat efektif dalam memasarkan brand sehingga sebuah perusahaan atau brand tak hanya dikenal secara luas namun juga keberadaan produk-produk dari brand tersebut menjadi diingat oleh para konsumen sehingga membuat mereka terus-menerus membeli ataupun memakai produk-produk brand tersebut.

u1

Semua orang pasti familiar dengan yang namanya brand. Umumnya, brand diartikan sebagai suatu identitas dari sebuah produk. Tapi, apa sih pengertian brand sebenarnya? Berikut penjelasannya.

                 1a

Di era globalisasi seperti sekarang ini, penggunaan media sosial menjadi sangat berdampak terhadap strategi branding dan sangat penting bagi perusahaan atau pemilik brand. Kemudahan teknologi yang ada seperti halnya penggunaan media sosial dalam menjalin komunikasi yang efektif dengan para konsumen dapat mempermudah perusahaan atau pemilik brand untuk mengenalkan brand mereka secara lebih luas.

Namun, ada beberapa kebiasaan kurang efektif yang sering dilakukan oleh para pemilik brand maupun perusahaan dalam media sosial mereka. Agar penggunaan media sosial menjadi sarana komunikasi yang efektif antara perusahaan maupun pemilik brand dengan para konsumen, berikut beberapa tips branding yang tepat untuk media sosial.


1 2 3 4 5 6 14