Bagaimana Peran Branding dalam Meningkatkan Perusahaan Start-Up?

Bagaimana Peran Branding dalam Meningkatkan Perusahaan Start-Up?

21 Agustus 2018,   By ,   0 Comments

Beberapa pihak yang tergolong memiliki usaha start-up memiliki banyak tugas penting yang harus di kerjakan sebagai awal perjalanan bisnis mereka. Mulai dari mencari produk yang unggul, melakukan riset mengenai selera pasar dan kebutuhan pasar saat ini, mencari target pasar yang akan dituju, dan tentunya menemukan strategi masrketing yang benar agar berhasil tembus dengan target yang dituju.

Mereka sangat membutuhkan alat untuk mendongkrak pertumbuhan bisnis mereka. Alat tersebut tak lain adalah strategi marketing. Branding adalah salah satu strategi marketing untuk sebuah perusahaan yang terlebih lagi masih dalam tahap startup. Branding bukan semata hanya logo saja tetapi masih banyak lagi mulai dari tagline dengan bahasa yang general, tone warna yang cocok bagaimana, penentuan supergrafis yang cocok dengan style perusahaan tersebut, logo yang cocok untuk perusahaan mereka yang disesuaikan dengan visi misi awal. Sekarang, keberadaan branding adalah hal yang terpenting dalam perusahaan start-up.

Kita ambil saja contoh kecilnya seperti bagaimana cara kita membedakan buah apel dengan buah nanas. Jelas berbeda kan buah apel memiliki kulit yang lebih halus dan bewarna merah sedangkan buah nanas memiliki kulit yang bersisik. Begitupula suatu perusahaan. Semua perusahaan di dunia ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Untuk itulah betapa pentingnya kita membuat sesuatu yang berbeda pada perusahaan dan membuat sesuatu yang bisa “nempel” di pikiran kostumer.

Branding  adalah jawabannya. Salah satu bagian dari branding adalah logo. Logo adalah sesuatu yang terbilang penting dalam membangun sebuah brand. Untuk mendapatkannya memerlukan proses yang panjang dan sulit. Kita harus terlebih dahulu menemukan SWOT(Strength-Weakness-Opportunitty-Threats) dan STP(Segmenting-Targeting-Positioning). Semuanya memang harus diperhitungkan dan disusun agar bisa menjadi sebuah konsistensi dalam membuat brand. Sebelumnya perusahan itu sendiri harus memiliki data mengenai misi dan visi mereka, apa yang menjadi keunggulan mereka apa yang mereka jual diperusahaan mereka, target marketnya siapa, dan lain-lain. Berikut adalah beberapa ayang akan dibangun dengan branding

  • Nama perusahaan itu sendiri, sebaiknya menggunakan nama bisnis yang berkaitan dengan bidang yang di geluti.
  • Konsitensi bentuk dan warna, agar menjadi brand yang bagus, ada baiknya jika memiliki tone warna dan supergrafis yang konsisten dan berkarakteristik.
  • Logo, bentuk logo yang memiliki makna. Makna dari apa yang ingin perusahaan tersebut sampaikan untuk para konsumen.
  • Tagline, menciptakan suatu tagline yang mudah diingat oleh masyarakat. Contoh sepetri, Indomie seleraku. Singkat dan mudah diingat.

Kesimpulannya adalah Branding sangat penting karena inilah yang menjadi identitas perusahaan tersebut. Dan yang membedakan dari perusahaan lainnya agar menjadi perusaaan yang standout.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *