Kapan Harus Melakukan Co-Branding ?

Kapan Harus Melakukan Co-Branding ?

06 September 2018,   By ,   0 Comments

Brand akan erat kaitannya dengan pasar, namun Brand bukanlah ilmu pasti yang sulit untuk dirubah. Seperti jenis aktifitas pemasaran lainnya, Brand bekerja berdasarkan langkah demi langkah. Co-Branding adalah salah satu di antara langkah langkah dalam Branding, kami ingin berbagi hal mengenai kapan waktu yang tepat untuk melakukan Co-Branding dan kapan waktu yang tepat untuk anda menolaknya.

1. Apakah kita mempertaruhkan reputasi Brand kita dengan mengaitkan Brand kita dengan Brand milik orang lain?

Co-Branding tidak hanya tentang menciptakan Brand Awareness dengan cara cepat, kita juga perlu melindungi reputasi Brand ketika “bergabung” dengan Brand lain. Jika terlihat adanya resiko yang teraba di awal, maka kita perlu mempertimbangkan untuk tidak bergabung dalam program Co-Branding ini. Jika tidak ada resiko yang terlihat, maka kita bisa melakukannya.

2. Siapa yang bertanggung jawab atas komunikasi dalam Brand?

Jika jawabannya hanya Brand kita atau hanya Brand milik pihak lainnya yang bertanggung jawab atas sistem komunikasi Brand baru, maka seperti pada banyak kasus kita dan calon partner tidak akan berkomunikasi sebagai identitas Brand bersama, melainkan menggunakan identitas Brand yang relevan.

Namun, jika jawabannya adalah kedua Brand bertanggung jawab atas komunikasi Brand baru yang merupakan Brand gabungan ini maka kita boleh melakukannya.

3. Dengan siapa kita berkomuniasi?

Pertanyaan ini tidak mengikat, tetapi ini memberikan konteks yang dapat membantu kita menemukan jawaban dan pendekatan yang tepat. Dalam skenario co-branding biasa, audiens akan tertarik untuk mendengar tentang kesamaan dari kedua Brand yang berbeda, tidak hanya tentang tujuan eksklusif dari satu merek tertentu.

4. Di Channel milik siapa Brand kita berkomunikasi?

Jika kita berkomunikasi melalui channel perusahaan Brand kita, misalnya dalam mengirimkan email internal dengan jumlah besar kita dapat menggunakan Brand milik kita. Namun, jika komunikasi berlangsung di tempat atau channel yang netral, misalnya berlatar belakang di ballroom hotel atau website khusus, maka Co-Branding dengan identitas Co-Branded yang baru harus digunakan.

5. Apakah gaya komunikasi dan konten komunikasi mendukung strategi kita atau malah sebaliknya?

Peluang Co-Branding bermanfaat ketika Co-Branding menguntungkan strategi individu dari perusahaan yang terlibat. Bahkan ketika itu bermanfaat untuk pemasaran atau upaya penjualan kita, kita harus memastikan bahwa pesan yang dikirim atas nama semua Brand yang berpartisipasi, tidak mengganggu strategi komunikasi kita dan sebliknya malah membantu memperkuat Brand milik rekanan yang bergabung dengan kita.

6. Apakah kegiatan Co-Branding tersebut cukup relevan? atau mungkin tidak ada artinya sama sekali untuk Brand kita?

Program pemasaran apa pun yang kita ikuti untuk mengembangkan Brand, termasuk Co-Branding, harus sangat berarti dan berdampak positif bagi strategi Brand kita. Pastikan bahwa ada alasan kuat mengapa Brand kita harus berpartisipasi dalam Co-Branding.

7. Seberapa penting Brand lain untuk kita?

Entah itu karena Brand Brand lain penting dalam sektor usaha kita, atau karena mereka hanya penting bagi Brand kita, pertanyaan tentang apa arti Brand lain untuk hubungan kerjasama itu tidaklah sepele dalam Co-Branding. Tanyakan pada diri kita sendiri betapa pentingnya Brand lain dalam industri dan untuk bisnis kita dalam meningkatkan hubungan kerjasama. Jawabannya tidak hanya akan membantu kita memutuskan apakah menjadi Brand bersama atau tidak, itu juga akan membantu kita dalam menentukan pendekatan komunikasi Co-Branding.

Seperti dikatakan sebelumnya, Branding dan Co-branding bukanlah ilmu pasti. Tetapi dengan mengajukan pertanyaan pertanyaan yang tepat kepada diri kita sendiri, kita akan dapat memutuskan dengan lebih baik peluang pemasaran kerjasama mana yang bermanfaat untuk meningkatkan reputasi perusahaan kita, dan bagaimana mendekati mereka dari perspektif merek yang solid.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *