Komunikasi Visual, benarkah hanya pada desain bagus?

Komunikasi Visual, benarkah hanya pada desain bagus?

24 September 2019,   By ,   0 Comments

Komunikasi visual bisa dikaitkan dengan maksud seseorang yang menyampaikan suatu pesan melalui media yang hanya bisa ditampilkan melalui teknik komunikasi visual.

Teknik komunikasi ini biasa dilakukan melalui gambar, iklan pamflet, atau video tanpa suara yang berisikan makna tertentu. Begitu juga dalam bisnis retail dan bisnis jasa, mereka membutuhkan media visual yang bisa merepresentasikan bisnisnya dengan clear.

Terkadang, komunikasi visual ini menggunakan bahasa tubuh atau bahasa non verbal. Dan, kebanyakan komunikasi melalui desain ini kerap kali digunakan oleh para designer grafis dalam menyampaikan pesan melalui ilustrasi yang mereka buat untuk memberikan pesan kepada orang yang melihat. Sehingga banyak orang yang menyebutnya istilah ini adalah ‘Desain Komunikasi Visual’ (DKV).

Lalu, seperti apakah desain yang bagus untuk bisnis? Ada banyak hal yang membutuhkan Desain, sebagai Identitas Usaha (Corporate Identity). Desain seperti ini biasanya digunakan ketika perusahaan membuat Company Profile, Mock Up, Grafik Sales hingga Slider Presentation. Katz mengatakan bahwa Komunikasi Bisnis adalah adanya pertukaran pesan, ide, dan konsep. Ketiganya berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersil.

Komunikasi pada lingkup bisnis sekarang yang pada umumnya digunakan oleh para promotor atau public relation suatu perusahaan kepada perusahaan lain atau buyer. Lewat komunikasi visual, perusahaan percetakan pun makin laris akibat banyaknya perusahaan yang membuat backdrop, Standing banner, stiker, dan lain sebagainya.

Aktivitas online sebuah Brand kerapkali dikesampingkan oleh beberapa orang yang belum paham sepenuhnya perkara digital marketing. Padahal, perkembangan bisnis online dan offline tersebut mencakup nilai produk, aktivitas operasional, dan pelayanan jasa. Lalu aktivitas apa saja sih yang dapat dilakukan Brand Konsultan dalam internet saat ini?

Kepercayaan dan kecocokan informasi ini kerapkali menjadi pengambat bagi lawan bicara yang baru dikenal. Sehingga nggak salah kalo Brand Konsultanlah yang sanggup diajak bertukaran pikiran atau gagasan. Kali ini bukan hanya melibatkan dua orang atau lebih yang memiliki peranan masing-masing yakni sebagai komunikator atau penyampai pesan dan komunikan sebagai penerima pesan.

Dari sanalah muncul metode baru yang dapat dimengerti atau dipahami oleh penerima (calon pelanggan) untuk menyampaikan pesan dari bisnis Anda. Brand Konsultan tidak hanya berbagi data internal untuk kemajuan bisnis, namun juga membantu hingga skala rekruitmen untuk keberlangsungan usaha Anda.

Lalu, bagian kedua yaitu mencari partner atau pelanggan baru yang sesuai dengan target bisnis Anda. Melalui Riset dan mencari tahu beragam informasi dari luar, tentu saja lewat media online dan offline. Komunikasi di Era serba Digital sangat vital dalam menumbuh kembangkan kepribadian manusia. Begitu juga dengan pelanggan yang menikmati hasil Branding bisnis Anda, mereka memilih untuk membeli peralatan untuk keberlangsungan hidupnya dengan Merk tertentu.

Pelanggan juga memiliki Promosi produk dengan desain Grafis promosi yang menarik. Desain pada media Fotografi, Tipografi, dan Ilustrasi juga merupakan Fasilitas pelanggan di Bisnis Anda. Tidak sadar kah bahwa Anda mengikuti warna lampu merah, kuning, hijau di perjalanan Anda setiap harinya, Jika “Iya” maka Anda terarahkan oleh tiga warna Traffic Light yang sangat biasa kita lihat. Bahkan jika salah satu warna lampunya mati, Anda pun akan bertanya “Kok lampunya mati, kuningnya nggak nyala ya? – seketika itu juga dalam lisan maupun sekedar bergumam dalam hati.

Disanalah Brand Konsultan menjembatani informasi untuk memilih Media yang tepat, dan mengkolaborasikan Anda dengan partner yang memiliki visi bagus. Selain itu, Publikasi mengenai perkembangan perusahaan juga salah satu kunci suksesnya bisnis dengan komunikasi yang efektif dan strategis.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *