Konsultan Branding, Perlukah?

Konsultan Branding, Perlukah?

Jika Anda memiliki suatu usaha, akan ada saat dimana Anda mulai berfikir agar produk Anda lebih laku, dan tentunya dapat bersaing dengan produk kompetitor, dengan asumsi bahwa effort Anda akan input produk sudah maksimal. Maka Anda mulai mengira, bahwa masalahnya ialah produk Anda bukanlah pilihan utama ketika konsumen akan membeli produk sejenis.Pada fase ini, Anda telah sadar akan pentingnya branding bagi penjualan produk Anda. Sejalan dengan marketing yang membantu memberikan Anda berbagai solusi dan cara untuk menjual dan memaksimalkan penjualan produk Anda, branding akan memberikan nilai tambah berupa persepsi positif bagi produk Anda, dan keduanya-lah yang akan meningkatkan penjualan produk Anda. Itu teorinya.

Jasa Pembuatan Company Profile

Dewasa ini, perusahaan-perusahaan di Indonesia, khususnya di Surabaya masih belum memahami pentingnya company profile bagi perkembangan perusahaan. Perusahaan masih menganggap remeh company profile yang dianggap tidak mempunyai pengaruh terhadap perkembangan perusahaan. Faktanya, company profile justru salah satu faktor penting bagi perusahaan yang ingin berkembang, karena melalui company profile-lah perusahaan tersebut mampu memperkenalkan diri dengan baik terhadap calon konsumen dan relasi. Dari masalah inilah, muncul prospek bisnis baru yang menjanjikan bagi para pemegang modal maupun pebisnis yang mampu memberi solusi bagi masalah ini, bisnis yang dimaksud adalah jasa pembuatan company profile.

Headline Twist

By ,   No tags,   0 Comments
Headline Twist

PROLOG
Twist atau “memutarbalikkan´rute pemahaman seseorang kedalam hal yang tidak diduga sebelumnya, seringkali digunakan oleh screenwriter maupun komedian, dan tentunya bisa digunakan pula dalam iklan, baik yang bersifat humoris atau serius. Secara umum, twist biasanya diawali oleh satu kalimat atau pernyataan yang umum(familiar), yang sudah menjadi pengetahuan umum, ataupun klise yang kemudian diputarbalikkan oleh kalimat atau pernyataan kedua yang merupakan ending yang tidak diduga sebelumnya.

Headline Introduction

Misalkan saja, contoh headline disamping kita rubah menjadi “You can’t eat candles, carpets, lightbulb etc” maka unsur menarik serta dramatisnya akan menghilang serta visual yang adapun tidak memberikan impact apapun karena sudah ditunjukkan dalam headline-nya. Yang perlu diingat adalah ketika Anda telah menghasilkan sebuah headline yang tidak mengulang apa yang telah disajikan elemen visual, Anda harus tetap mampu menahan agar headline/elemen visual yang ditampilkan tidak terlalu banyak.

The Headline

By ,   No tags,   0 Comments
The Headline

PROLOG
Headline, Jika dilihat dari segi isinya, maka iklan di media cetak (termasuk poster maupun koran dan majalah) dibagi menjadi tiga tipe dasar, yaitu : Headline saja, Visual saja, Headline dan Visual (atau “visual-verbal”). Sedangkan komponen lain meliputi gambaran produk/logo, sub-headline, paragraf, dan tagline.

Eksekusi yang diambil dalam kampanye iklan tentunya harus terlihat dan terasa konsistennya. Itulah yang membuat kampanye iklan menarik. Karena itu, iklan di media cetak tidak dianjurkan menggunakan campuran antara tipe headline saja, visual saja, atau headline dan visual. Meskipun begitu, hindari sebuah proyek dengan pemikiran “Saya akan membuat kampanye iklan dengan tipe headline saja!” (atau visual saja, atau headline dan visual). Cobalah dari ketersediaan ide terlebih dahulu lau kemudian terapkan ke dalam tiga metode dasar tadi. Jika dirasa cocok dan sesuai visi kampanye iklan, maka metode tersebut dapat digunakan seterusnya dalam kampanye iklan tersebut.

PENGGUNAAN TANDA BACA & GAYA PENULISAN
Iklan media cetak yang terutama menggunakan paragraf panjang di dalamnya, akan biasa ditemukan penggunaan gaya penulisan seperti tanda baca, italic/miring, atau bahkan bergaris bawah. Hal ini dimaksudkan untuk menambah penekanan di dalam teks. Hal yang sama sangat jarang dilakukan dalam headline ataupun tagline. Alasannya terdapat pada contoh tagline yang terkenal dari brand Nike: Just Do It.

just-do-it

Tagline ini seakan berkata secara halus “lakukan saja”, sebuah pesan yang disampaikan secara jelas dan kuat tanpa perlu tambahan apapun. Namun bayangkan jika kita menambah gaya penulisan di dalamnya. Misalkan saja menjadi Just Do it!. Tagline ini memang terasa lebih “mengena” namun juga terasa “memaksakan” perhatian dari audiensnya dan tentunya bukanlah hal yang baik. Hal ini dapat dianalogikan dengan seseorang yang stay cool akan lebih menarik dibandingkan seseorang yang suka mencari perhatian secara berlebihan.

Bisa disimpulkan bahwa tagline yang Anda buat masih membutuhkan tanda baca atau gaya penulisan, maka besar kemungkinan tagline tersebut masih belum ideal. Gunakan tanda baca atau gaya penulisan yang dirasa memang benar-benar memiliki alasan kuat. Salah satu contoh yang jarang terjadi dalam penggunaannya tanda baca dalam tagline adalah dalam iklan MTV tahun 1982 yaitu “I Want My MTV!”. George Lois, kreatif dari iklan tersebut terinspirasi dari poster klasik yang melambungkan nama Paman Sam, yaitu poster “I Want You For Us Army” karya James Montgomery Flagg. Tentunya tanda seru di dalam tagline MTV memberi kesan yang santai dan tidak serius di dalam iklannya, karena sesuai dengan target market-nya. Maka dari itu , jika memang tidak diperlukan tanda baca dan gaya bahasa di dalam tagline, sebaiknya hindari pemakaian hal tersebut.

Exaggeration vs contrivance

Don’t Tell, Show!!

Don’t tell, show!! Hal ini merupakan argument lama, namun masih tetap relevan dengan kondisi saat ini. Sudah menjadi pengetahuaan umum bahwa gambar mampu menceritakan jutaan kata. Dengan mempertimbangkan waktu yang sempit untuk mengkomunikasikannya kepada konsumen, pasti gambar menjadi pilihan yang tepat dibandingkan pilihan kata-kata. Manusia merupakan makhluk visual, maka dari itu manusia selalu tertarik pada iklan yang bersifat visual dibandingkan sekedar teks. Gambar disamping tentunya lebih menarik dibandingkan dengan hanya mengatakan “Kaca yang Anda jual dapat meredam suara bising dengan ampuh”.

Dictionary Definition Ads

Dictionary Definition Ads dapat diartikan sebagai iklan yang menjabarkan kelebihan dari produknya hanya dengan definisi dari kelebihannya tersebut dalam kamus. Iklan seperti ini terlihat klise dalam print advertising karena “ide” dari iklan ini bisa dipergunakan untuk semua jenis produk atau jasa. Secara umum, iklan “dictionary” adalah iklan yang menjabarkan tentang nama produk dan/atau keuntungan dari produk tersebut dengan kata-kata yang misalnya :

Cropping and Framing

Cropping and framing, seiring berjalannya waktu terkadang elemen dalam sebuah iklan akan berkurang dengan sendirinya  dari kampanye ke kampanye, membentuk menjadi versi yang baru dan lebih simpel. Misalnya penyederhanaan tagline atau logo McDonald’s “We love to see you smile” berubah menjadi “smile”; dan logo asli Nike/logo centang dikurangi kata “nike” dengan hanya meninggalkan logo centang saja. Pada kedua kasus tersebut, konsumen mempunyai hubungan atau mengerti dengan iklan tersebut sebelumnya, versi “gemuk”-nya tentu saja, maka dari itu ide yang baru bisa tersampaikan dan tetap bekerja.